Sabtu, 14 November 2009

Keluh Kesah Tentang Mati Listrik

Hohoii.. Sapa dulu ah.
Apa kabar kalian semua? Baik-baik aja khaann..
Gue denger-denger si kalian banyak yang ngeluh soal mati listrik nih beberapa hari ini. Bener ngga?

Di fesbuk gue banyak banget dah muncul status yang ngeluh-ngeluh mati listrik, trus ngeritik-ngeritik pelayanannya PLN, dan ujung-ujungnya pasti maki-maki PLN. Setidaknya itu kesimpulan dari status fesbuk yang nongol di home page gue.

Gue mau rada keluar konteks ah. Daripada ngeluh-ngeluh yang akhirnya menjadi dosa karena memaki-maki setelahnya, mending gue mikirin hal-hal kecil yang mungkin bisa bagi-bagi manfaat.

Sebelumnya gue mau cerita dulu. Gue punya temen, ya sebut aja namanya Cok Pai. Dia kebetulan aja punya computer, TV sama printer di kosannya. Gue tau, pikiran lo pasti langsung tertuju sama banyaknya barang elektronik berbanding lurus dengan banyaknya pemakaian listrik. Tapi kayanya ini mah udah biasa ya, udah sering baca gue juga. Mari kita cari yang lain.. Lanjoott..

Ceritanya gue main ke kosannya nih. Pas di kosannya computer nyala. Ya gapapa juga kompi nyala orang gue gunain kok. Trus ada charger hape masih kecolok di terminal listrik. Padahal dia dah selesai ng-charger hapenya. Ya gue tau ini watt-nya kecil tapi entah kenapa gue mikir, kalo orang sepulau Jawa ninggalin charger hape kaya gitu gimana yak? Gimana maksud gue di sini, bagaimana cadangan listrik sepulau Jawa itu..??

Kalo susah nerima gue kasih analogi matematika-nya deh. Gini misalnya, ini misalkan ya sodara-sodara, INGET, M-I-S-A-L-KAN..!! (hahaa..ga pake treak juga kali bang!). Produksi listrik dari PLN pulau Jawa itu menghasilkan 100 watt per harinya. Terus pemakaian listrik oleh masyarakat pulau Jawa itu cuma 80 watt. Sisanya khan ada 20 watt lagi nih. PLN mengalokasikan 10 watt buat listrik umum, misalnya kaya lampu-lampu di jalan yang secara ga sadar kita nikmatin itu. Nah, 10 watt lagi PLN tabungin deh di bank listrik terdekat (lho?). tapii..berhubung penghuni pulau Jawa ini banyak yang kaya si Cok Pai yang suka menganggap sepele nyangkutin charger-an hape yang udah ga digunain di terminal listrik, jadi ajah tabungan PLN berkurang. Setelah diitung-itung ternyata hal sepele itu menghabiskan 10 watt. Jadi sekarang PLN ga punya tabungan deh. Sekarang setiap produksi, listriknya langsung abis tanpa meninggalkan sisa.

Muncul permasalahan baru setelah si Cok Pai melengkapi barang elektroniknya dengan scanner baru. Cukup wajar si menurut gue mah, soalnya si Cok Pai ini ngambil desain grapis. Mau ga mau dia pasti butuh scanner. Yang menjadi permasalahan bukan salah si Cok Pai beli tuh scanner, tapi kemampuan produksi PLN itu cuma 100 watt. Cok Pai beli scanner berarti akan ada kenaikan penggunaan listik. Kalo kaya gini berarti kan PLN bakal defisit listrik, wadueehh.. gue ga tau deh PLN ngutang listrik sama siapa.

Di sini gue bukan orang yang mau jadi pro PLN ya, gue juga rada enek sama pelayanan PLN, tapi secara pribadi gue juga mengakui gue itu satu diantara penghuni pulau Jawa kaya si Cok Pai. Tapi yang pengen gue share di sini adalah;
Pernah ga sih kita ngaca tentang diri kita, kalo lagi ngeluhin sesuatu sama orang lain?
Egois banget ga sih kita ngeluh, tapi kita ga pernah ngerasain di posisi mereka??

Makasih yak dah nyimak.. maaph kepanjangan..^_^

o-iy, gue punya pengalaman pribadi juga. Waktu itu gue mau buka hard disk kompi gue. Niatnya gue mau bersihin, soalnya debunya dah banyak banget. Ehh..pas lagi gue pegang tuh hard disk nyetrum, padahal tuh kompi posisinya mati. Pas gue liat colokannya masih nyantol di stabilizer, hehee.. Ternyata pas dalam posisi mati pun listrik masih mengalir yah kalo colokannya disambungin. ^_^

Tidak ada komentar: