Rabu, 25 November 2009

Warren Buffet



Mungkin diantara temen-temen semua ada yang tau siapa itu Warren Buffet?
Yup, dia adalah salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaannya itu mencapai $62 milyar (setara 619 triliun rupiah). Ini orang pernah menggeser posisi paman Bill Gates di puncak orang terkaya di dunia pada tahun 2008 lalu sebelum krisis financial global.

Engkong Buffet ini emang orang yang baik banget. Menurut data majalah forbes tahun 2008, engkong Buffet udah nyumbangin lebih dari $ 31 milyar (sekitar Rp. 300 triliun) dana pribadinya untuk sumbangan-sumbangan. Edan ga tuh! Dermawan banget..!!

Dari kekaguman itu gue mutusin untuk memposting hal-hal menarik dalam pribadi engkong Buffet ini. ok, langsung aja deh, cekdisottt…!!!

Berikut 9 aspek kehidupannya yang sangat menarik:
1. Buffet memulai investasi sahamnya pada usia 11 tahun, dan ia sangat menyesal memulai investasi saham di usia yang terlambat.

2. Dia membeli sebuah lahan pertanian kecil pada usia 14 tahun dari hasil tabungannya menjadi loper Koran.

3. Dia tetap hidup sederhana dengan gaya hidup yang tidak berubah, memiliki rumah dengan 3 kamar tidur kecil di kota kecil Omaha, yang ia beli setelah ia menikah 50 tahun yang lalu, Rumahnya tidak memiliki pagar.

4. Dia mengendarai mobilnya sendiri tanpa seorang sopir ataupun bodyguard di dekatnya.

5. Dia tidak pernah bepergian menggunakan jet pribadi, walaupun ia memiliki perusahaan jet pribadi terbesar di dunia.

6. Perusahaannya, Berkshire Hathaway, memiliki 63 anak perusahaan. Ia hanya menulis 1 surat setiap tahun ke CEO perusahaan-perusahaannya tersebut, memberikan mereka tujuan bisnis yang harus dicapai setiap tahunnya. Ia tidak pernah mengadakan meeting atau menelepon CEO-CEO tersebut, ia hanya memberikan 2 buah peraturan: 1) Rule number 1: Jangan pernah membuat rugi para pemilik saham; 2) Rule number 2: Jangan pernah lupa Aturan nomor 1.

7. Ia tidak pernah bersosialisasi di klub-klub orang kaya. Waktu luangnya setelah ia tiba di rumah ia gunakan untuk membuat popcorn, dan menonton TV.

8. Bill Gates, mantan orang terkaya di dunia, tidak pernah berminat untuk menemui Buffet karena tidak melihat adanya kesamaan yang mereka miliki, namun 5 tahun yang lalu Bill mencoba membuat agenda untuk bertemu dengan Buffet hanya selama 30 menit. Namun meeting tersebut justru berlangsung selama 10 jam, Bill berbincang-bincang lama sekali dengan Buffet.

9. Buffet tidak pernah membawa hanphone, maupun PC/laptop di mejanya,


Terus engkong Buffet juga punya nasehat ni untuk kita yang masih muda-muda katanya gini ni:

Stay away from credit cards and invest in yourself and remember:
1. Uang tidak menciptakan manusia. Namun manusia bisa menciptakan UANG.

2. Jalani kehidupan Anda sesederhana diri Anda sendiri. Yang penting diri Anda NYAMAN.

3. Jangan lakukan apa yang orang lain katakan. Dengarkan saja mereka, namun lakukanlah hanya apa yang membuat Anda merasa nyaman (feel good.)

4. Jangan membeli barang karena merknya. Kenakanlah pakaian yang memang membuat Anda merasa nyaman.

5. Jangan menghabiskan uang Anda untuk barang-barang yang tidak penting. Gunakanlah uang Anda secara bijaksana untuk kebutuhan yang memang benar-benar Anda perlukan.

6. Akhirnya, ini semua adalah kehidupan Anda. Hidup ini hanya sekali. Mengapa Anda harus memberikan orang lain kesempatan untuk mengatur hidup Anda?. Hiduplah dengan gaya Anda sendiri, yang penting Anda senang, Anda puas, Anda nyaman, & Anda bahagia.

Ok, sekian dulu.. makasih dah nyimak..

Tidak ada komentar: