Rabu, 06 Mei 2009

Suka dan Tidak Suka

Aihh..
Sudah pagi teman, tapi rasanya hari belom berganti dah! Lho?
Hahahaa..intermezzo aja kawan..halah! ngaco aja juga!

Bro kalian pernah ngga ngerasa ga suka sama orang/sesuatu? Pasti pernah yak’.
Biasanya alasan lo ga suka sama dia/itu apa bro?

Tapi wajar yah kalo menjalani hidup itu mah pasti ada yang suka dan ada yang tidak.. Yang jadi pertanyaan itu seberapa besar sih kedewasaan kita dalam memandang ketidaksukaan itu?

Sama seperti kalian gue juga terkadang punya perasaan tidak suka, tapi mungkin karena gue orangnya datar-datar aja jadi ga terlalu keliatan kali ya ekspresinya, kapan gue suka..kapan gue ga suka..

Ada beberapa hal yang paling gue ga suka. Pertama, membandingkan gue dengan orang lain. Wah! Jujur aja bro gue paling ga suka dibanding-bandingin, mau ngebandinginnya itu lebih bagus kek’, tetep aja gue ga suka. Yang dibandingin lebih bagus aja gue ga suka, apa lagi kalo dibandingin lebih jeleknya. Makin gondok aja gue.. Gini ya bro menurut gue, Allah itu udah menciptakan manusia beserta takdir jalan hidup dan kemampuannya masing-masing. Jadi Allah itu dah pasti tau apa yang terbaik bagi umatnya. Ya bolehlah satu-dua kali kita bercermin dari sikap orang lain..tapi jangan berlebihan juga. Gondok kale kalo dibandingin mulu.. Apalagi tuh orang banyak bagusnya, bisa-bisa kena down syndrome..

Kedua, menganggap remeh. Ini nih! beuhh..kaga cihuy banget dah rasanya. Kalo dah kaya gini biasanya orang-orang pasti memandang dengan sebelah mata dan suara kita pun kadang tidak didengarnya. Kita musti usaha ekstra buat dia ngeliat dengan kedua matanya. Ya di sini gue dapet pelajaran berharga betapa sulitnya membangun kepercayaan dan kehormatan. Tapi tetep bro..gue paling ga suka dengan remehan ini. Menurut gue, kita sebagai manusia punya hak dan kewajiban yang sama. Lo tau bro bahwa kekalahan itu terjadi karena menganggap remeh lawan. Kalo lo menganggap remeh gue? Siap-siap aja lo gue kalahin bro.. hahahaa..

Ketiga, berbicara sesuatu yang belum pernah dirasakannya. Kadang kita suka terpengaruh sama yang ada disekitar kita. Belum pernah merasakan tapi karena orang-orang disekitar kita udah berbicara yang ngga ngenakin, niat kita langsung hancur. Itu masih mending bro, ini ada orang yang belum pernah ngalamin tapi tau-tau dah ngomong ke sana-ke sini..haahhh..sok tau! Gue seneng banget dah nyobain yang aneh-aneh dan belum pernah gue alamin, nah kaga sukalah gue sama orang-orang yang tadi ditulis.. Gini ya bro tiap orang itu punya kadar kepuasan masing-masing. Jadi jangan ngomong yang macem-macem kalo lo ga tau ke gue, apalagi hal itu pernah gue alamin. Orang itu tau manis pahit kalo lidahnya itu udah mencoba..

Kayanya dari ketiga itu intinya sama ya “sok tau”, hehee..
Apa mungkin sebenernya gue tuh paling ga suka sama yang sok tau? Ya.. bebaslah..

Yang pasti gini bro, ini pelajaran buat gue. Bahwa dalam menilai suka atau tidak itu usahakan berpikir 2 arah. Pertama gue berpikir gue sebagai diri gue sendiri dan kedua gue berpikir sebagai diri orang lain dan bagaimana kalo gue berada di posisi orang itu. Kalo ini terus gue lakuin gue yakin, gue bisa mengerti maksud dirinya.

O iye.. satu lagi bro, budayakanlah mendengar suara/pendapat orang lain. Karena kita tidak suka bukan berarti suara/pendapatnya tak layak di dengar. Balik ke hal yang kedua, jangan menganggap remeh, hehee.

Sekian dulu..
Jangan lupa komentarnya bro..

Tidak ada komentar: