Sabtu, 27 Desember 2008

KKNM Raharja # 1

Yes!
KKNM gue udah 90% kelar, beres, selesai, ato udahann…
Huehehee…

Terima kasih untuk segenap warga desa Raharja, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Sumedang yang membantu selama proses pengabdian kami.

Sumpah ya kelompok KKNM Desa Raharja tuh paling aneh’, gimana ngga kita selama program KKNM 2 bulan enggak pernah yang namanya fullteam hadir, selalu ada aja yang mangkir. Sekali-kalinya kita fullteam tuh cuma pas pembekalan awal aja donk’. Resiko ngambil KKNM gelombang 1 atau 3 mang seperti ini.

Sebenarnya keanehan ini dimulai ketika gue ditunjuk? Ok’ dikorbankan menjadi Kordinator Desa (kordes). Gokil dah’ gue dijadiin kordes, hahahaa… kalo temen-temen gue bilang bakal ga bener dah ni kelompok KKNM dibawah rezim gue, hahahaa… tapi Alhamdulillah akhirnya semua masih baik-baik saja. Ngga ada yang luka ato kehilangan sebagian organnya khan karena gue kordes-in??

Ada banyak cerita selama KKNM 3 bulan ini. Gue pasti bakal kangen berat dah’

Okeh’ pertama kita ke scene Pak Kades!
Karena yang bakal gue kabar khan bukan sesuatu berita yang baik, jagi nama disamarkan..
Jadi gini pak Kades ini sebenernya baik, cuma hanya ke beberapa orang aja. Sebelumnya kita flashback dulu, sewaktu kita pertama kali diterima oleh aparat desa. Beliau memberikan sedikit kata sambutan, beuhh..kata-kata dari pak Kades yang akan membantu penuh awalnya membuat kita cukup lega tapi fakta dilapangannya beda banget’. Dari awal sampe akhir program yang kita adakan beliau tidak menghadiri satu pun. Sedih banget gue..padahal setiap program kami selalu undang dan undangan untuk warga pun selalu berparaf beliau, huh’..

Ada lagi yang lucu, diawal c bapak bilang, uang bukan segalanya dan mengerti keadaan kita sebagai seorang mahasiswa karena biar gini-gini juga bapak pernah kuliah, hahahaa… kata-kata “bapak pernah kuliah” ini jadi booming dikelompok gue. Pak ga usah dibilang jg kita tau qo bapak pernah kuliah..

Balik lagi ke uang bukan segalanya tapi faktanya uang-uang juga yang berbicara. Udah tau kita ini mahasiswa kere’ eh beliau malah seenaknya bilang kita untuk udunan 50rb satu orangnya buat beli kambing saat Idul Adha kemarin. Huah’ sayang aja ngomongnya pas ngga ada gue, kalo pas ada gue mah pasti gue tanggepin dah. Terus ada lagi waktu pas pak Amar nawarin alat-alat musiknya untuk dipakai untuk penutupan KKNM kalo diperlukan, beliau nimbrung lagi, katanya dikasih harga khusus buat mahasiswa mah, lhaa..pak Amar nawarinnya gratis eh’ dia semena-mena ngajuin harga. Lagi-lagi pas ngomong gitu ga ada gue, huh’.

Dari sana gue mulai kehilangan kepercayaan sama kata-kata dari kades. Bagusnya pas gue ceritakan hal-hal ini ke bu Amna (dosen pembimbing lapangan kami), beliau men-support kami untuk terus berjalan. Hahahaa..tanpa kades jg masih bisa jalan qo’.

Minggu lalu pas acara ibu-ibu PKK Rw 07 mengadakan event sungguh membuat gue bertanya-tanya. Lo coba bayangin Bapak dan Ibu Camat hadir diacara tersebut tapi kades-nya malah ga datang. Ibu kades datang sii tapi telat itu juga. Dimana kepedulian kades terhadap perkembangan warganya?
Apalagi kata ibu-ibu PKK Rw 07 mereka mengadakan acara tersebut atas inisiatif dan dana sendiri. Padahal yang mereka ketahui, ada dana untuk pengembangan PKK. So, dananya kemana yah?

Sebenernya dari awal ketika kami melakukan observasi lapangan, gue mencium ada ketidakberesan. Insting rasa ingin tahu gue menggema, tapi sayangnya harus gue buang jauh-jauh. Soalnya gue di desa itu untuk KKNM, bukan untuk mencari hal-hal lain. Apalagi gue di sana hanya tamu sementara, jadi gue tidak mau bertindak yang lebih jauh.

Ok’ thanks 4 attention..
Cerita lainnya bersambung dilain waktu..

Tidak ada komentar: