Senin, 09 Maret 2009

Simple Sample Feminism..

Dulu ketika gue masih semester 3, gue punya minat besar tentang kajian feminisme. Tepatnya ketika gue dapet teori kajian sastra. Waktu itu dosen gue memberikan contoh sebuah sinopsis cerpen seorang feminisme ulung di Mesir sana untuk dibahas.. Sadis dan sedih bro ceritanya..

Mungkin lo bertanya kenapa seorang cowo membahas hal-hal seperti ini? Jawaban gue simple, siapa pun bebas meng-explorasi isi otaknya dan gue hanya mencoba mengeluarkan beberapa catetan kecil yang ada di isi kepala gue ini melalui kata-kata..

Balik lagi ke soal feminisme, ada yang tau pengertian feminisme itu apa? Ok, simpen jawaban lo itu. Karena ini blog gue jadi yang akan gue tulis disini feminisme menurut otak gue.. feminisme menurut otak gue adalah suatu gerakan pemikiran laki-laki maupun perempuan yang menyadari ketimpangan struktur laki-laki dan perempuan di dalam masyarakat. Gue sadar, gue itu belum ada apa-apanya kalo ngomongin hal-hal seperti ini. Namun biarkanlah gue meng-explorasi pikiran ini. Kalo gue salah, tolong dikasih tau yo..

Itu khan feminisme yah? Kalo maskulinisme apa yah kira-kira??
Kalo pengertiannya gue samakan aja gimana???

Berhubung ini awal gue berbicara jadi gue mau share beberapa hasil pengamatan gue yang mudah-mudah ada kaitannya sama feminisme.

Lo tau apa bedanya “tomboy” sama “banci” ???
Ok, itu pemikiran lo kalo lo mau tulis boleh qo tulis di-comment gue, hehee..ngarep!
Kedua sifat itu pasti atau pernahlah lo liat.. ya, yang tomboy itu suatu sifat yang dimiliki seorang perempuan yang mengindentikkan maskuline. Nah kalo banci itu sebaliknya laki-laki yang memiliki kecenderungan mengidentikkannya dengan feminine.. baik karakter, pola tingkah laku ataupun dalam hal berpakaian..

Kalo menurut lo dari kata “tomboy” dan “banci” mana diantaranya yang enak didenger?
Jawaban gue tomboy, kalo elo?? Coba yang setuju angkat tangan, hehee.. tapi itu si terserah lo mau milih yang mana.. bebas..

Kalo yang gue perhatiin dari temen-temen gue, mereka menilai cewe yang tomboy itu keren, terkesan mandiri, memiliki aura yang berbeda, membuat penasaran, dan patut ditaklukkan hatinya. Hahahaa..yg terakhir itu iseng gue aja nambahin. Sok coba bayangin, masa kalo lo dah ngomong seolah-olah mengaguminya banget lo ga coba taklukin hatinya. Wah kalo seperti itu gue jadi inget kata-kata Andrea Hirata nih, “imajinasi cinta adalah racun yang paling indah”, hahaa..peace boy!

Kenapa yah makna tomboy lebih baik dari banci? Coba aja lo pikir, lebih banyak orang yang memuji dari pada mencela tentang ke-tomboy-an. Sebaliknya banci lebih identik dengan negatif. Padahal intinya sama, sama-sama keluar dari wujudnya sebagai seorang perempuan dan seorang laki-laki..

Kenapa bisa gtu ya ??
Kalo benar. Maka dua-duanya harus mendapat pembenaran..
Kalo salah. Apakah patut dipersalahkan ??

Thanks broo..
Jangan lupa comment bro..hehee..ngarep!

Tidak ada komentar: